Jumat, 26 April 2013


TIPS DAN TRIK
STRATEGI BELAJAR EFEKTIF
            Setiap siswa pasti telah melakukan apa yang disebut dengan belajar.Namun hasilnya setiap individu berbeda-beda.MUngkin cara belajar anda masih ada yang kurang.Disini akan dibahas bagaimana memulai dan apa saja yang harus dilakukan
agar belajar lebih efektif danefisien,
1.Mulailah dengan membuat catatan kecil atau ringkasan rumus-rumus
            Untuk memudahkan mempelajari materi terutama bidang study itung-itungan seperti matematika,fisika,kimia.Pelajaran tersebut memerlukan cara khusus untuk mempelajarinya karena anda harus tahu rumusnya,simbolnya,dan juga cara menghitungnya.Hal pertama yang harus anda lakukan adalah ambillah satu buku kecil,bagilah menjadi tiga bagian untuk tiga mata pelajaran,lalu catatlah rumus-rumus yang penting bab per bab.Bawalah selalu buku tersebut ke sekolh,maupun ke tempat les.Ketika anda menulisnya sekaligus anda membacanya,dengan begitu anda akan selalu mengingatnya.Buatlah serapi mungkin dan terorganisir sehingga hanya anda sendiri yang mengerti tulisan anda.
2.Perhatikan Mimik Guru
             Perhatikanlah guru atau tutor ketika sedang menerangkan.Kadang kala kita selalu ingat apa yang diucapkan ketika kita melihat mimic wajahnya atau intonasi suara guru kita ketika sedang mengajar.
3,Analisis Sebelum Bertanya
            Ungkapan malu bertanya sesat dijalan memang benar,artinya jia anda kurang mengerti maka bertanyalah.Namun ada baiknya sebelum anda bertanya analisis dulu pertanyaan anda dan unek-unek anda lalu coba pecahkan  duku menurut cara anda.Ini akan melatih anda untuk berani mencoba.
4.Buatlah target minimum
            Ujilah diri anda lalu pikirkan seberapa banyak materi yang telah serap dan yang dimengerti.,Apakah anda sudah siap jika harus ulangan hari ini.Lalu pikirkan pula nilai berapa yang anda inginkan.Target minimum anda adalah jangan sampai setiap ulangan nilai anda di bawah KKM sehingga anda harus remedial.Lebih bagus lagi target yang ada patok nilai 10.Ingat anda harus jadi yang terbaik dan juara.
5.Jangan jauhi guru,kenali lebih dekat
            Ada siswa yang nilainya selalu remedial dan merasa pelajaran tertentu susah,namun dia malah menghindari gurunya.Jangan sekali-kali menghindari pelajaran yang kamu anggap susah,ingat susah itu hanya perasaan yang menutupi bahwa memang hanya sedikit materi yang anda tahu.Oleh karena itu mulailah dengan lebih dekat dengan guru.
6.Dekatilah temanmu yang pandai
            Bergaulah lebih inten dengan teman yang berprestasi.Amatilah cara belajarnya,lalu tiru cara belajar mereka.Kalau perlu buat kelompok belajar dengan mereka.Jadikan teman anda  itu sebagai tempat bertanya pertama kali.Sebaliknya,jika Anda murid terpandai di kelas jangan ragu untuk mengajari teman Anda yang belum mengerti.Insya allah ilmu anda akan bertambah.
7.Belajar bukan hanya membaca tapi berlatih
            Jika Anda biasa belajar dengan membaca saja,sebaiknya Anda tambahkan dengan berlatih soal-soal.Untuk pelajaran Matematika,fisika,dan kimia,belajar dimulai dari baca konsepnya,lalu perhatikan contoh-contoh soalnya.Ambil pensil dan kertas,tulis kembali contohnya sambil dipahami.Terakhir,cobalah soal-soal yang lain sampai Anda mengerti betul.
8.Yakinilah “ANDA HARUS BISA”
            Dalam berlatih,jangan takut untuk mencoba dan jangan takut salah.Yakinkan diri Anda bahwa Anda pasti bisa dan harus bisa.Mengapa ???? Karena kalau Anda tidak bisa,pasti ada akibatnya,yaitu remedial,dan kemungkinan terburuk adalah tudak lulus UN.
9.Konsentrasilah
            Supaya materi dapat masuk dan terserap di otak,kita harus konsentrasi dimanapun ketika sedang belajar baik di rumah,sekolah,maupun di bimbel.Syarat utama konsentrasi adalah jangan terlalu banyak bergerak.
10.Sedikit music…Bolehlah !!!!!
            Ketika belajar sendiri di rumah mulai bête,sebagai relaksasi nyalakan radio atau MP3 tetapi pelan-pelan saja.Pilihlah lagu-lagu yang slow,tetapi harus tetap konsentrasi.Kalau Anda sudah bisa konsentrasi sambil mendengarkan music berarti Anda sudah hebat,karena otak kanan dan otak kiri Anda seimbang (berjalan bersamaan).

            

0 komentar:

Posting Komentar