'Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi,
berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam
dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia game, dan juga untuk memmbuat website.
Multimedia dimanfaatkan
juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan,
multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis,
multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan,
profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam
sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia
hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam,
teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara)dan juga berupa . Dalam perkembangannya multimedia mencakup
juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman.
Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan
film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk
penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Bau mulai menjadi bagian
dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui
telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat
mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer
penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin
reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur
menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari
internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan
feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan
melainkan aroma.
Program Kejuruan di SMK
KODE : 072 BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA KOMPETENSI KEAHLIAN : MULTI
MEDIA
Daftar
isi
A.
DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
Merakit
Personal Computer (PC)
- Menjelaskan konsep sistem komputer
- Menjelaskan fungsi
komponen-komponen/ Pheriferal PC
- Mengidentifikasi keamanan &
keselamat Kerja
- Menjelaskan trobleshooting
perakitan PC
- Mengidentikasi peralatan merakit
PC
- Menguji perakitan PC.
Menginstalasi
Sistem operasi
- Menjelaskan klasifikasi
sistemoperasi
- Menidentifikasi sfesifikasi
komputer
- Menginstalasi sistemoperasi berbasis
Gui
- Menginstalasi softwareaplikasi
B.
KOMPETENSI KEJURUAN
Mengidentifikasi
etimologi multimedia
- Mendefinisikan dan mengkategorikan
tentang multimedia
- Mengidentifikasi multimedia
content production
- Mengidentifikasi multimedia
communication.
Mengilustrasikan
alir proses produksi produk multimedia
- Mengidentifkasi proses Pre
Production multimedia
- Mengidentifkasi proses Production
multimedia
- Mengidentifkasi proses Post
Production multimedia.
Menyusun
proposal penawaran
- Menganalisa syarat-syarat proyek
- Mengidentifikasi keterampilan yang
sesuai dengan persyaratan laporan
- Membuat rancangan biaya biaya dan
sumber sumber yang ada
- Membuat proposal
- Membuat pengajuan permohonan
tender.
Merumuskan
prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja
- Menjabarkan UU keselamatan kerja
- Mengidentifikasi prosedur standar
keamanan manusia
- Mengidentifikasi prosedur standar
keamanan alat
- Menerapkan prosedur lingkungan
kerja tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan.
Merawat
peralatan multimedia
- Mengindentifikasi langkah-langkah
perawatan peralatan multimedia
- Membuat kartu perawatan peralatan
shooting.
Memperbarui
isi halaman web
- Memeriksa informasi untuk
relevansi dan updated
- Memeriksa links dan navigasi
- Mengedit informasi sesuai
kebutuhan
- Menguji dan memastikan perubahan
perubahan.
Menguasai
Teknik pengambilan gambar produksi
- Memilih dan menyiapkan bahan dan
peralatan shooting
- Men-set-up dan mengoperasikan
kamera video dasar
- Mengisi dan merawat battery selama
pengambilan gambar
- Mengoperasikan kamera
- Menata kabel-kabel kamera
- Mengoperasikan clapper board.
Menerapkan
prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
- Mengidentifikasi kaidah estetika
dan etika seni grafis (nirmana)
- Men-sketsa
- Menggambar perspektif
- Menggambar objek
- Menggambar ilustrasi.
Menguasai
cara menggambar kunci untuk animasi
- Mengidentifikasi syarat animasi
- Membuat gambar kunci
- Mengatur dan melengkapi gambar
kunci.
Menguasai
cara meng gambar clean-up dan sisip
- Menemukan syarat-syarat gambar
yang asli
- Membuat gambar-gambar asli
- Mengidentifikasi syarat-syarat
gambar tiga dimensi
- Membuat gambar tiga dimensi.
Membuat
animasi stop-motion (bidang datar)
- Identifikasi syarat-syarat animasi
- Membuat model warna dan tempat
warna
Menggabungkan
teks kedalam sajian multimedia
- 12.1 Menggunakan software teks
multimedia
- 12.2 Mendesain teks multimedia.
Menggabungkan
gambar 2D kedalam sajian multimedia=
- 13.1 Mengedit gambar digital
- 13.2 Menggunakan software grafik
multimedia 2D
- 13.3 Menciptakan design grafik
Multimedia 2D
- 13.4 Menampilkan karya seni
digital 2D.
Menggabungkan
fotografi digital kedalam sajian multimedia
- 14.1 Menggunakan kamera digital
- 14.2 Menggabungkan foto digital
kedalam rangkaian Multimedia
- 14.3 Menciptakan susunan karya
seni foto digital dan grafik 2D.
Menggabungkan
audio ke dalam sajian multimedia
- 15.1 Menjabaran format audio
digital
- 15.2 Menggunakan software audio
digital
- 15.3 Merancang dan audio digital
- 15.4 Membangun track audio
digital.
Membuat
Story Board aplikasi multimedia
- 16.1 Menidentifikasi kebutuhan
- 16.2 Merencanakan alur isi (story
board)
- 16.3 Medeskripsikan proses
pelaksanaan dalam Story board.
Menggunakan
Peralatan tata cahaya.
- 17.1 Mengidentifikasi dasar tata
cahaya
- 17.2 Mengidentifiksdi efek cahaya
- 17.3 Menyiapkan operasi lighting
Menerapkan
efek khusus pada objek produksi
- 18.1 Mengidentifikasikan materi
penunjang efek khusus
- 18.2 Menginstallasi soft ware
effek khusus
- 18.3 Membuat efek khusus pada
obyek.
0 komentar:
Posting Komentar