Selasa, 09 Juli 2013

Tips Agar Tetap Fit, Sehat dan Bugar Selama Ramadhan

Tips menjaga agar badan tetap fit dan bugar selama Ramadhan - Bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu umat Islam telah tiba. Saat menjalankan ibadah puasa tanpa makan dan minum tentu ada perubahan dalam pola makan dan gaya hidup kita di bulan yang penuh berkah ini. Mayoritas orang akan merasa lemas dan lesu kala menjalani aktifitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan kita tidak makan dan minum selama berpuasa dari waktu subuh hingga magrib sekitar 13-14 jam. Namun sebenarnya kita tetap dapat menjaga agar tubuh selalu fit dan bugar saat menjalani ibadah puasa.
Banyak tips yang bertebaran di internet ataupun koran yang menyatakan manusia tetap bisa bekerja dan berektifitas dengan baik selama berpuasa. Berikut adalah tips supaya badan tetap fit dan penuh semangat selama di bulan Ramadhan versi Anak Unsri yang disarikan dari berbagai sumber:

Sahur

Fungsi sahur bagi orang yang berpuasa sangatlah penting. Sahur dan tidaks sahur sangat mempengaruhi tubuh kita selama seharian penuh. Oleh karena itu, buat anda yang berpuasa jangan lupa sahur. Selain berguna untuk tubuh, sahur juga mendapat pahala.

Hindari makanan berminyak

Hindari makanan berminyak di bulan Ramadhan. Makanan berminyak akan membuat sel darah menggumpal. Akibatnya menghambat aliran oksigen hingga 20 %. Sehingga menyebabkan anda akan mengantuk di siang hari.


Hindari terik matahari

Ketika siang hari saat udara semakin panas dan terik, usahakan agar anda mencari tempat teduh yang dingin. Cuaca yang panas akan membuat tubuh mengeluarkan keringat dan mengeluarkan cairan dalam tubuh. Batasi aktifitas anda di luar ruang agar tidak terkena dehidrasi.

Berbuka secukupnya

Nah ini adalah salah satu masalah yang dihadapi orang yang berpuasa. Biasanya karena seharian tidak makan dan minum saatnya berbuka malah ‘balas dendam’ dengan makan sebanyak-banyaknya. Akibatnya perut kembung dan malah susah bergerak. Menurut pakar kesehatan, berbuka itu sebaiknya melalui beberapa tahap:
  • minum air putih atau teh beberapa teguk
  • makan sedikit makanan yang manis seperti kurma,dll
  • selang waktu sejam baru makan besar

Manis

Makanan atau minuman manis memang baik dikonsumsi pada saat buka puasa, agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Hati-hati dengan minuman

Banyak orang ketika puasa malah banyak mengonsumsi minuman seperti kopi dan minuman bersoda. ‘Biar lebih plong’ katanya. Selama Bulan Ramadhan, hindari minuman kopi dan bersoda karena minuman tersebut dapat membuat anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak dalam tubuh. Minumlah air mineral, teh, ataupun jus.

Olahraga

Di bulan puasa jangan lupa untuk terus berolahraga agar tubuh tetap fit. Lakukan olahraga setelah makan malam. Olahraga yang ringan aja yang penting tubuh digerakkin. Keep Healthy! :)

Jaga pola tidur

Satu hal yang tidak bisa dipungkiri selama bulan puasa adalah perubahan pola tidur. Apalagi biasanya selama bulan Ramadhan acara TV bagus-bagus malah semakin berkuranglah jam dan waktu tidur kita. Jadi terkadang orang mengantuk ketika puasa bukan disebabkan karena tidak makan dan minum. Malahan lebih sering terjadi mengantuk karena kurang tidur.
Demikianlah tips agar tetap fit dan semangat selama berpuasa versi ane Bila ada kata-kata yang salah kami mohon maaf. :)

 

0 komentar:

Posting Komentar